Kamis, 16 Januari 2014

My first experience to reach the top of merbabu mountain.

Pengalaman pertama yang tak akan pernah aku lupakan, pengalaman pertamaku dalam pendakian gunung yaitu gunung merbabu. Gunung merbabu ini berada di ketinggian 3.145 mdpl dan terletak di antara kabupaten boyolali, magelang, kota salatiga dan semarang.

Pendakian ini diikuti oleh 10 orang, 4 orang cewek dan 6 orang cowok dan semuanya adalah mahasiswa UNS. Kami yang perempuan berasal dari kampus wilayah PGSD dan PG-PAUD sedangkan 6 orang lainnya berasal dari kampus wilayah pabelan.
sebelum berangkat narsis dulu ahhh... :D dari kiri Anik, Nisa, Me

Sebelum menuju basecamp, kami berangkat secara terpisah. Aku dan 2 kawanku berangkat dari Solo menuju rumah kawan kami yang berada di Boyolali. Rencana sih jam 4 kita ketemu di Boyolali dan berangkat bareng sama kawan kami yang laki-laki. Tapi maklum lah jam Indonesia itu terbuat dari karet, jadi jadwal akhirnya berubah. Jam 5 kami baru bisa berangkat menuju basecamp. Tujuan kami adalah jalur Selo, yang memang paling dekat dengan kota Solo.

Sekitar pukul setengah 7, kami sampai di Selo. Akhirnya kami istirahat untuk sholat dan makan.
taraaaaa.........!!!!!!  perbekalan dari 10 pendaki..

narsis lagi..... Me, Ririn, Nisa (dari kiri)
Setelah sholat berjamaah, anak2 cowok cari makan, dan kami yang cewek nunggu di masjid. Soalnya sebelum berangkat kami sudah makan jadi yaa gak ikut deh..
Trus perjalanan kami lanjutkan menuju basecamp. Wuussssshhhh jalanan mulai naik. Akhirnya sekitar pukul 8 kami sampai juga di basecamp.
rute perjalanan jalur selo

Pukul setengah 9 malam kami berangkat dari basecamp. Tapi kita gak bisa foto narsis dulu.. ( ° -`ω´-) Pendakian di malam hari ada enak dan gak enaknya. Gak enaknya tuh gelap. Takutnya kenapa2 apalagi melewati hutan yang di samping kita tuh jurang. Trus gak bisa liat pemandangannya.

Baru mulai perjalanan aja aku udah merasa capek. Sumpah bener2 capek.. Mungkin karena persiapanku yang kurang matang. H-6 aja aku baru diajak naik gunung, trus baru 3 kali jogging buat pemanasan fisik. Mungkin juga karena ini adalah pendakianku yang pertama. Jadi baru nyampe setengah perjalanan menuju ke pos 1 aja aku udah merasa mual2. Sampe aku kepikiran untuk berhenti aja. Tapi untungnya, tim pendakianku kali ini benar2 luar biasa. Mereka semua selalu memberikanku semangat dan semangat dan semangat. Hingga akhirnya secara perlahan aku bisa menjadi kuat.
Kami sampai di pos 1 dok malang sekitar pukul 10 malam. Finally..... \(´▽`)/

istirahat di pos 1.

narsis dulu sebelum berangkat menuju pos 2
Istirahat sekitar 10 menit. Mulai dari pos 1 ini, aku baru sadar. Kan aku bawa suplemen permen "gula jawa". Sewaktu kuliah, aku ingat pesan salah satu dosenku. Kata beliau kalau mau naik gunung tuh harus bawa permen "gula jawa". Katanya sih bisa ngurangin rasa capek dan haus. Permen "gula jawa" ini bisa menambah kekuatan kita dalam naik gunung. Aku coba membuktikan deh selama perjalanan.

Dan ternyata eh ternyata, bener juga apa yang pernah dibilangin sama dosenku itu. Selama perjalanan menuju pos berikutnya aku benar2 merasakan tambahan energi. Wahhh sippp banget deh dosenku ituu  \(‾▿‾\)  (/‾▿‾)/

Pos 2, kami sampai di pos ini sekitar pukul setengah 12 malam. Ternyata sebalumnya kami "tertipu". Karena sebelum pos 2 tuh ada pos bayangan, dan di pos bayangan itu ada petunjuk arah menuju pos 2. Dan kami kita petunjuk arah itu adalah pos 2. Jadi ketika sampai di pos 2 ini, kami kebingungan. Lho kok pos 2 lagi? *sambil lirik2 plang yang ada di pos 2*
istirahat di pos 2. Capek bener buuuuu
 Istirahat  sekitar 10 menit. Perjalanan kami lanjutkan lagi menuju pos berikutnya. Jalanan mulai menanjak terjal. Aku sampai benar2 kehilangan energi. Tapi semangat dari teman2 1 tim yang memberikanku kekuatan. Thanks a lot for them who always give me support

Kami sampai di pos 3 sekitar pukul setengah 1. Pos 3 merupakan padang yang luas bisa untuk mendirikan tenda sekitar 10 lebih. Aku kira kami akan mendirikan tenda di sini, tapi ternyata tidak. Ternyata tenda yang akan kita dirikan itu di atas bukit. Hadehhh.... Rasanya aku pengen berbaring, kondisi tubuh sudah benar2 lelah. Kaki sudah terasa berat untuk melangkah. Tapi tetap teman2 1 tim yang selalu memberikanku semangat. Ayoooo......!!! \(´▽`)/

Naik terus naik terus menuju ke atas bukit. Finally sekitar pukul setengah 2 akhirnya sampai juga. Fiuuuhhhh.... Langsung kurebahkan tubuh ini yang terasa lelah luar biasa. Kami yang cewek istirahat sedangkan yang cowok langsung mendirikan tenda.

Sekitar pukul 2 tenda selesai didirikan. 2 buah tenda untuk 10 orang. Yang cewek dapat tenda yang agak kecil daripada yang cowok. Tapi aku gak habis pikir, yang cowok gimana tidurnya ya? 1 tenda buat ber-6. Aku aja gak bisa tidur sama sekali di dalam tenda. Selain karena ruangan yang sempit, cuaca yang benar2 dingin yang membuatku tak bisa tidur. Sumpah bener2 dingin banget....

Pukul 5 pagi, kami bangun dan sholat subuh. Yang cowok masak2. Haha lucu deh, bukannya kami yang cewek yang masak, tapi malah yang cowok. Yaa mungkin karena kami yang cewek itu pengalaman pertama pendakian, jadi masih capek.

Me. sunrice di atas bukit dengan background gunung merapi.
Ririn di depan merapi
Anik
Nisa
Sarapan sebelum berangkat ke puncak
Pukul setengah 7 berangkat menuju puncak. Melewati edelweis di kanan kiri, dan jalanan super terjal.. Benar2 melelahkan...
Siap berangkaat
perjalanan sangat terjal dan licin

wahhhh menanjak sekaliiii...
merapi bi balik bukit merbabu

me and Anik

merapi dengan gagahnya

jalanan yang terjal dan menanjak

break sebentar

tuhh lihat jalanannya....

jalannya super.....

view-nya bagus bangettt

merapi-nya gagah banget yaa

Pukul 08.45 aku sampai juga di puncak. Nihh foto2nya....

me dengan background merapi yang tertutup awan
me dengan background sindoro sumbing

10 pendaki gunung
Akhirnya kita bisa mencapai puncak kenteng songo di ketinggian 3.145 mdpl. Sungguh tak pernah terbayangkan aku bisa juga mencapai puncak. Padahal kalo inget di awal2 waktu, aku sempat menyerah untuk melanjutkan perjalanan. Tapi ternyata luaarr biasa sekali akhirnya AKU MENCAPAI SALAH SATU ATAP DI INDONESIA. PUNCAK MERBABU 3.145 MDPL. Mimpiku tercapai juga.. :D