Selasa, 08 Mei 2012

Sebuah Cerita

Bingung mau posting apa.
Akhirnya aku posting cerpen buatanku deh waktu aku SMA.
Gini nih ceritanya...
Let's check this one out...

I just wanna you
to be my best friend

Namaku Nesya.Nesya Amalia.Umurku 17 tahun.Masih kelas 3 SMU. Aku mempunyai seorang teman bernama Bimo.Dia masih 15 tahun atau tepatnya masih kelas 1 SMU.Dia adalah tetanggaku dan juga kami satu sekolah.Kami akrab sekali sejak kecil.Dia sudah ku anggap seperti adik kandungku sendiri. Setiap hari kami bermain bersama.Terkadang aku sering main ke rumahnya hanya untuk sekedar curhat atau ya sekedar main.. Pokoknya dia baek banged deh..He`s my best friend.
¯
            “Mo, tadi tuh cowok cakep banged deh..Udah gitu dia anak kuliahan lagi.Gue mau jadi ceweknya..” kataku.
            Bimo hanya tidur-tiduran di atas kasur empuknya sambil mendengarkan iPodnya.Saat itu, kami baru saja pulang dari jalan-jalan ke mall.Biasa, kalo hari minggu sore Bimo nemenin aku belanja.Dan aku mentraktir dia makan di sana.Waktu kami pulang, tiba-tiba ada seorang cowok menabrakku.Semua barang bawaanku jatuh dan cowok itu pun membantuku mengemasinya.
            “Mo, loe dengerin gue ga sih??”
            “Iya..Gue dengerin kok..”
            “Menurut loe, gimana cowok itu?” tanyaku.
            Bimo menatapku.Aku menunggu pendapatnya.Dia keliatan sedang berpikir. Namun ekspresinya keliatan jutek.
            “Emm…Biasa aja.” jawabnya singkat lalu kembali mendengarkan iPodnya. Ih..Kok Cuma itu sih komentarnya?Nyebelin banged deh.
            “Kayaknya gue naksir ama dia deh..”
            “Apa??Loe naksir ama dia?Loe khan ga tau gimana orangnya.”
            “Maka dari itu loe harus bantuin gue dunk..Oke.!!”
            “Hem...”
            Bimo hanya berehem.Tuh cowok aneh banged sih.Pengen banged aku tanyain kenapa.Tapi ntar dia marah lagi..Huh sebel deh.Tapi ga papa, yang penting hari ini aku baru ketemu ama cowok cakep nak kuliahan.Kayaknya aku lagi fall in love deh..
¯
            “Bimooo..!!!” teriakku sambil mengetuk-ngetuk pintu kamar Bimo.Siang gini seperti biasa Bimo pasti lagi bobo siang.Apalagi ini hari Minggu.
            “Ya ada apa sih??” tanya Bimo setelah membukakan pintu.Terlihat wajahnya yang masih mengantuk.
            “Gue pengen curhat...” kataku sambil memelas.
            Bimo mengucek-ngucek matanya.Lalu dia menatapku.
            “Ya udah  masuk..”
            Aku pun memasuki kamar Bimo.Bimo sengaja membuka pintu kamarnya supaya tak ada orang yang akan negative thinking pada kami. Kamarnya terlihat berantakan.Maklum, kamar cowok.Aku langsung berbaring di atas kasur empuknya. Sedangkan Bimo duduk di lantai.
            “What`s wrong?”
            Aku mengambil nafas panjang.”Mo, loe masih inget khan ama cowok anak kuliahan yang minggu lalu gue ceritain?”
            Bimo hanya mengangguk.
            “Tadi pagi waktu gue nemenin nyokap belanja, gue ketemu ama dia lagi.Kita kenalan deh.Namanya Eby.Trus dia minta nomor hp gue deh.. katanya ntar malem dia mau telpon gue gitu..”
            “Ooh.. loe pasti seneng ya??” tanyanya.
            Aku hanya mengangguk mantap.Aku mendengar desah nafas Bimo yang terasa berat.Lalu dia menunduk.Mengambil nafas lagi.Dan...
            “Sya, gimana kalo dia dah punya cewek?”
            “Hah?? Maksud loe?”
            “Nesya, cowok seumuran Eby tuh biasanya dah pada punya cewek. Apalagi dia yah..Tampangnya lumayan.”
            “Loe gimana sih?Loe kok malahan bikin gue jadi down. Seharusnya loe dukung  gue dunk..”
            “Bukannya gue mau bikin loe jadi down.Tapi seharusnya loe waspada juga.Loe jangan terlalu ngarepin dia.Kalo dia dah punya cewek, loe pasti sakit hati.”
            “Ah..Loe kok kaya gitu sih.Males deh curhat ama loe.” kataku jutek.
            Bimo menghela nafas panjang.Heran deh,, seharusnya Bimo ngasih dukungan ke gue.Bukannya negative thinking kaya gitu yang malahan bikin aku jadi down.Ah..Sebel deh..!!
¯
            Pulang sekolah, seperti biasa aku pulang bareng ama Bimo. Dia nungguin aku di depan gerbang dan biasanya kita pulangnya tuh naek motornya Bimo. Berangkatnya aja bareng.. pulangnya juga dunk. hehe. Tapi ya kecuali kalo dia lagi ada kegiatan ekskul ato kalo aku lagi ada tambahan pelajaran. Maklum dah kelas 3..
            “Hi, Mo..!!” sapaku ketika aku menghampiri Bimo. Dia hanya tersenyum.
            “Panas nih.. mampir ke kafe dulu yuk..” ajak Bimo.
            “Asyik nih.. loe yang traktir ya??”
            “Iyaaa....”
            Bimo naik ke atas motornya. Lalu aku mengikuti apa yang dilakukannya. Namun tiba-tiba aja ada sebuah mobil sedan putih berhenti tepat di depan kami. Tak lama kemudian, pintu mobil tersebut membuka dan aku dapat melihat sosok yang mengendarai mobil tersebut.
            “Hai Nesya..” sapa cowok itu.
            “Eby..!!!” seruku kegirangan. Dia pun menampakkan senyuman termanisnya yang membuatku jadi terbang ke angkasa. Dia pun melangkah mendekati kami.
            “Hai.. btw cowok ni siapa? Cowok loe ya, Sya??” tanya Eby menunjuk Bimo.
            “Ah.. bukan. Tetangga sekaligus temen gue.. kenalin. Namanya Bimo..” balasku sambil memperkenalkan Bimo pada Eby. Tapi keliatannya Bimo acuh gitu.. dia kaya ga mau kenalan ama Eby. Kalo ga aku desak dia untuk berjabat tangan dengan Eby, dia pasti bakalan diem aja. Aneh nih cowok..
            “Eby..” kata Eby menyebutkan namanya.
            “Bimo..” balas Bimo dingin.
            “Oya, loe mau pulang ya, Sya?? Mau gue anterin?” tawar Eby.
            Aku senang bukan main menerima ajakan Eby. Tapi tiba-tiba aku teringat juga ama ajakan Bimo sebelumnya. Duh ga enak kalo aku nolak ajakan Eby ntu tapi juga ga enak ama Bimo. Aku memandang Bimo untuk meminta persetujuan darinya.. moga-moga aja dia ngijinin aku pulang bareng Eby.
            “Ya udah.. loe pulang ama Eby aja. Lagian gue mau ke perpustakaan nyari buku buat bahan diskusi kelompok gue.” Kata Bimo.
            “Makasih ya, Mo..” balasku.
            Eby mengajakku untuk masuk ke dalam mobilnya. Aku menatap Bimo berkali-kali. Sebenarnya aku ga enak sih ama Bimo.. Apa bener dia mau ke perpustakaan?? Aku tau padahal dia tuh paling benci kalo ke perpus. Tapi aku juga pengen pulang bareng ama Eby.. mungkin aja dia bilang kaya gitu biar aku bisa pulang bareng ama Eby. Makasih ya, Mo. Loe mank sahabat terbaek gue.
            Perlahan mobil yang kami tumpangi melesat meninggalkan Bimo. Sesekali aku menengok ke belakang melihat keadaan Bimo. Dia hanya menunduk. Ada apa ya ama dia? Aduh.. perasaanku ga enak deh.
¯
            Malam harinya, aku langsung ke rumah Bimo. Aku pengen menanyakan apa yang tadi siang ada dalam otakku. Aku memasuki kamarnya seperti biasa. Kata mamanya sih dia lagi belajar. Jadi langsung aja aku menuju kamarnya.
            “Loe..” kata Bimo membuka pintu kamarnya setelah aku mengetuk pintu kamarnya dua kali.
            “Hai..” balasku.
            “Ada apa?”
            “Gue pengen ngomong ama loe..”
            “Masuk aja..”
            Seperti biasa kalo aku masuk ke kamar Bimo. Pintunya di buka lebar-lebar.. aku melihat lantai kamar Bimo yang berantakan penuh dengan buku-buku. Kayaknya dia lagi ngerjain PR deh. Matematika lagi. Aku khan bisa ngeliatnya sekilas. Aku mengambil posisi duduk seperti biasa, di atas kasur Bimo. Sedangkan Bimo ya seperti biasa dia duduk di lantai tepat di bawahku.
            “Loe mau ngomong apa?” tanya Bimo.
            “Mmpph.. bener tadi siang loe ke perpus? Gue tuh tau loe, loe paling benci ke perpus.. pasti bo`ong khan?”
            “Emang, gue bo`ong..”
            “Napa loe bo`ong kaya gitu?”
            “Bukannya loe pengen bisa jalan bareng ama Eby? So, mendingan gue biarin aja loe jalan ama dia. Pas banged khan dia jemput loe??”
            Aku menatap mata Bimo. Aku bisa melihat matanya. Ada aura kebohongan gitu. Ada yang di sembunyiin Bimo dariku. Jelas aja lah aku tau, aku tuh dah kenal Bimo seumur hidup Bimo.
            “Oh ya.. tadi gimana? Loe pasti seneng khan bisa jalan ama Eby?” tanya Bimo mengalihkan pembicaraan.
            “Oh.. ya gitu deh. Dia ngajakin gue nonton dan makan. Trus dia juga ngajakin gue jalan lagi hari Minggu besok. Katanya dia pengen ngomong sesuatu ama gue.” Balasku.
            “Syukur deh akhirnya loe bisa deket ama dia..” kata Bimo terlihat agak kecewa.
            “Jadi, gue minta bantuan loe ya.. please anterin gue ke kafe X, tempat janjian kita. Abis ga ada yang anterin gue,. Please ya..” pintaku memohon.
            Aku bisa mendengar desah nafas Bimo yang terasa berat. Dia menundukkan kepalanya seperti sedang berpikir. Lalu tiba-tiba aja dia menatapku dengan pandangan hampa, kosong.
            “Oke kalo gitu..” balasnya lesu.
            Aku mengamati Bimo dengan seksama. Aneh banged dia kali ini.Bener,aku yakin pasti ada yang dia sembunyiin dariku. Padahal biasanya kalo dia ada masalah pasti curhat ke aku. tapi kenapa kali ini ga? Aku yakin banged dia lagi dapet masalah.
            “Loe napa sih, Mo? Loe lagi sakit?” tanyaku.
            “Ga, gue baek-baek aja..” balasnya sambil tersenyum. Dengan senyuman yang di paksakan. Aneh..
¯
            Hari Minggu, hari yang sangat ku nanti-nantikan.Hampir tiap hari Eby telepon aku.Ya hanya sekedar say hallo atau tanya-tanya kabar gitu. Hubungan kami jadi tambah akrab deh. Apalagi kemaren dia jemput aku pulang dari sekolah dah gitu dia ngajakin aku nonton ama makan lagi.Kayaknya sih dia punya rasa ama aku. kaya perasaanku ini padanya. Hehe.. jujur, tuh cowok emang asyik banged kalo di ajak ngobrol.Tapi, Bimo kayaknya ga ngedukungku deh..Abis setiap kali aku curhat tentang Eby, Bimo pasti langsung menampakkan muka Betenya.Ya, kaya sekarang.Aku bingung milih pakaian apa yang pantas di pakai.Jadi aku meminta Bimo untuk menentukannya.Berkali-kali aku ganti baju karena menurut Bimo semua pakaian yang aku pakai ga ada yang cocok.Padahal sudah setengah jam lebih kami menghabiskan waktu untuk acara kaya gini..
            “Gimana, Mo?” tanyaku.
            Bimo yang sedang membaca-baca majalah di ruang keluarga di rumahku mengalihkan pandangannya padaku.Lalu dia mengamatiku. Dengan memakai celana jeans tiga perempat dan kaos pendek putih dan jaket jeans yang melapisinya.
            “Ehm..Oke.Loe cocok pake ntu.” komentarnya.
            Aku langsung tersenyum padanya.Lalu aku kembali ke kamar mengambil tasku.Ku lihat jam tangan di pergelangan tanganku.Pukul 1 siang. Kurang setengah jam lagi waktu janjiannya.Aku pun bergegas pergi menuju tempat pertemuan dan Bimo mengantarku.Ya, hanya mengantar sampai di depan kafe dengan mengendarai sepeda motornya.Baeknya dia..Makasih ya Bimo..
¯
            “Hai Nesya..” sapa seorang cowok.
            Ternyata aku datang lebih awal dari waktu janjiannya.Tepatnya lebih awal 10 menit.Jadi ku putuskan untuk menunggu Eby sambil meminum segelas orange juice. Aku senang sekali akhirnya Eby datang juga.Tapi...Tapi.. Ini pasti mimpi.Pasti..!!! Eby mendekat menuju tempat di mana aku duduk.Tapi..Tapi.. Siapa cewek itu?? Siapa cewek yang bersamanya?? Siapa cewek yang mengegenggam tangan Eby?Siapa dia??
            “Nesya, kenalin.Ne cewek gue.Namanya Nesya juga.Sama kaya nama loe khan?” kata Eby memperkenalkan cewek di sampingnya. Prang...Sebuah cermin hatiku pecah berantakan.Ceweknya?Ga mungkin!!!Aku ga percaya..!!!!
            “Nesya, kenalin.Dia Nesya yang sering gue ceritain ke loe.Loe dah ga penasaran khan gimana orangnya?” tanya Eby pada ceweknya.
            “Oh..Jadi ini yang namanya Nesya? Wah..Nama kita sama ya.Ehm.. Katanya loe masih SMU ya? Eby cerita ke gue, katanya dia ketemu ama cewek yang punya nama sama kaya gue.Trus dia cerita, katanya loe tuh ngingetin  gue.Ya..Maklum.Gue lagi sibuk magang jadi jarang ketemu deh..” kata cewek itu sambil tertawa.
            Huh..Emang ada yang lucu?Sampe-sampe ketawa gitu.Ga lucu tau..!! Jadi selama ini tuh Eby Cuma manfaatin aku? Karena namaku sama dengan nama ceweknya? Dan karena ceweknya itu lagi sibuk magang?Jadi...Jadi aku tuh Cuma sebagai alat untuk melepas rindu ama ceweknya yang punya nama sama kaya aku? Karena mereka jarang ketemu? Huh..Betapa bodohnya diriku. Pengen rasanya aku menangis sekencang-kencangnya. Apalagi melihat mereka yang mesra banged..Pake suap-suapan makanan lagi.Hik..Hik..Mereka ga tau apa?Kalo ada seorang cewek di hadapan mereka yang lagi broken heart. Mereka ga tau apa kalo mereka yang menyebabkan cewek itu broken heart?
¯
            Pukul 4 sore, akhirnya aku pulang juga.Tapi aku males banged untuk pulang dengan suasana hatiku yang lagi beratakan kaya gini.Andai aja waktu itu aku dengerin kata-kata Bimo.Aku harus waspada.Jangan terlalu mengharapkan dia..Tapi, nasi sudah menjadi bubur.Kenapa sih penyesalan selalu datang belakangan?Nyebelin banged deh..
            Jadi kuputuskan untuk pergi menuju lapangan yang berada tak jauh dari rumahku.Di tempat ini, biasanya aku dan Bimo maen bareng.Atau curhat.. Ini adalah tempat rahasia kami.Aku pengen menumpahkan semua kekesalanku di tempat ini.Ketika aku sampai, aku melihat seorang cowok yang sedang duduk di pinggir lapangan tepatnya di bawah pohon yang rindang.Siapa tuh? kayaknya aku pernah liat deh??Loh..Loh bukannya itu Bimo?Ngapain dia di sini?Aku pun memutuskan untuk mendekatinya..
            “Bimo?Loe ngapain di sini?”
            Bimo tersentak kaget.Lalu dia membalikkan badannya dan menatapku.
            “Loe..Gue lagi nenangin pikiran.”
            “Any problem?
            “Yeah..”
            “May I hear that?
            I`m sorry..Because this is my private problem.I can`t tell you about it.
            “Yeah..No problem.
            Aku duduk di sampingnya sambil menghirup udara yang segar.Perlahan, beban pikiranku barusan menghilang.Walaupun masih ada bekasnya.
            “Gimana ketemuannya ama Eby?” tanya Bimo tiba-tiba.
            “Bad..
            “Why?
            Aku mengambil nafas panjang.Rasanya berat banged kalo aku cerita ke Bimo.Aku khan malu..Abis Bimo dah wanti-wanti padaku. Eh..Aku malahan ga ngindahin nasehatnya.Dan ternyata dugaannya itu benar.
            “Eby ngenalin ceweknya ke gue.Namanya Nesya.Sama kaya nama gue.. Ternyata gue tuh Cuma sebagai peralihan untuk melepas rindu pada ceweknya itu yang lagi magang karena kebetulan nama ceweknya tuh sama kaya nama gue.” kataku akhirnya. Perlahan sebutir tetes air mata keluar dan makin lama makin deras.
            “Andai aja gue dengerin ucapan loe waktu itu.Gue pasti ga bakalan sakit hati kaya gini..” lanjutku.
            Bimo menepuk bahuku berusaha untuk menghiburku.Aku pun menyandarkan kepalaku di atas bahunya.Menangis sepuasnya...
            “Nangis aja kalo itu buat loe jadi tenang..” kata Bimo.
            Semakin lama air mata yang aku keluarkan semakin banyak. Beberapa menit kemudian, aku baru bisa menghentikan tangisanku. Lalu aku mengangkat kepalaku dari sandaran bahu Bimo yang terasa sangat nyaman.
            “Makasih banged ya..Loe dah nemenin gue.Gue juga mau minta maaf karena waktu itu gue marah-marah ama loe dan gue ga dengerin nasehat loe..”
            Bimo menampakkan sebuah senyuman yang manis di hadapanku.
            “Sebenarnya itu bukan nasehat lagi..Waktu itu juga gue lagi marah banged ama loe.Jadi gue ngucapin kata-kata yang bikin loe down.Eh.. tapi malahan ga bisa.”
            “Maksud loe??”
            Bimo menghela nafas panjang.
            “Nesya, sebenarnya gue dah lama nyimpen perasaan ini ke loe.Loe tau ga? Waktu loe cerita tentang Eby, hati gue tuh sakit.Gue tuh marah.....”
            “Gue ga ngerti deh maksud loe?”
            “Nesya, gue sayang ama loe..”
            “Ya kalo itu sih gue tau.Kita khan udah temenan lama banged.Gue juga sayang kok ama loe.Loe tuh temen gue yang paliiiing baek.”
            “Temen??Jadi selama ini loe nganggap gue sebagai temen?”
            “Ya..Loe kenapa sih?”
            “Nesya, gue sayang banged ama loe.Loe tau ga sih?”
            “Ya..Gue tau.”
            “Tapi lebih..Lebih dari sekedar temen.”
            Hening..Aku masih bingung dan tak percaya.
            “Nesya, gue tuh suka ama loe.”
            “Bimo..Loe kok becandanya kelewatan sih..”
            “Gue serius, Nesya..!!” kata Bimo sungguh-sungguh.
            Aku menghela nafas panjang.Aku juga mendengar desah nafas Bimo yang terasa berat.
            “Bimo, selama ini tuh gue anggap loe sebagai sahabat.Sebagai adik gue.”
            “Tapi gue ga..Gue anggap loe sebagai cewek yang gue suka.”
            Hening..
            “Sya, loe mau khan jadi cewek gue?”
            Aku menatap Bimo.Bimo terlihat sungguh-sungguh mengatakannya.
            “Cewek loe?? Loe gimana sih.Gue tuh kakak kelas loe..”
            “Gue ga peduli.Walapun gue lebih muda dari loe.Gue ga peduli ama perbedaan umur kita.Yang penting loe tau kalo gue sayang banged ama loe..”
            Aku menghela nafas panjang lagi.Aku sampai bingung harus mengatakan apa lagi.Mulutku sudah terkunci rapat.
            “Bimo, gue ga bisa jadi cewek loe.”
            “Kenapa?”
            “Karena..Karena gue Cuma bisa menerima loe sebagai sahabat.”
            Hening..
            “Jadi, lebih baek kita sahabatan aja ya?Bersahabat itu lebih baek ketimbang pacaran.Pacaran kalo kita putus, bisa-bisa komunikasi ga jalan lagi. Tapi kalo bersahabat tuh laen.Kita bisa menjadi sahabat selamanya..Dari pada pacaran.Pacaran ya kalo lagi suka.Kalo dah ga suka atau ga cocok trus putus.Loe ngerti khan?”
            Bimo keliatan sedang berpikir.Aku harap dia mengerti ucapanku.
            “Apa loe tetep mau bersahabat ama gue setelah loe tau perasaan gue sebenarnya ke loe?”
            Aku mengangguk mantap dan tak lupa menampakkan sebuah senyuman terindah dariku.
            “Kata-kata loe barusan ada benernya sih..”
            “Trus? Gimana?”
            “Ya..Mungkin loe bener.Lebih baek kita bersahabat aja.Gue ga pengen berpisah dari loe.Gue pengen hidup bersama ama loe.. Selamanya.”
            “Oke, bersahabat.” kataku.
            “Ya..Sahabat.Sahabat sejati..” kata Bimo.
            Lalu kami  mengikat jari kelingking kami masing-masing sebagai alat pengikat janji persahabatan kami.Cahaya matahari sore yang makin lama makin condong ke barat menjadi saksi persahabatan kita.Hari ini adalah hari yang terindah yang aku miliki.Walaupun baru saja sakit hati.Tapi sakit hati itu telah terobati dengan adanya janji persahabatan ini.Bimo, I just wanna you to be my best friend.
            “Loe tau ga kenapa gue dateng ke sini?”
            “Ya itu karena loe pengen nenangin pikiran.”
            “25 % bener.Gue pengen nenangin pikiran karena gue ada masalah tentang perasaan gue ke loe.Baru aja gue ceritain ke loe..” kata Bimo sambil tertawa kecil.
”Oh...” kataku akhirnya.Lalu kami tertawa bersama.

THE END

Tidak ada komentar:


Followers

Follow Me on Twitter

pengunjung

free counters
 

Catatan Penaku | Copyright © 2011
Designed by Rinda's Templates | Picture by Wanpagu
Template by Blogger Platform