Kamis, 12 Juli 2012

menangis di perantauan

    Kemarin, sebelum aku berangkat ke solo lagi untuk keperluan yudisium dan rapat, ibuku sudah berpesan.
     "Ambar, kamu kan lagi libur semester. Kamu puasanya di rumah ya? Mumpung masuk kuliahnya habis lebaran. Nemenin mama lah. Mama masa puasanya sama adik kamu. Sahur dan buka sama adik kamu. Tahu sendiri kan adikmu itu kayak gimana. Sepi kalo cuma sama adikmu. Ya?" pesan ibu.

     Memang, dua tahun kemarin aku lebih banyak menghabiskan puasa di Solo, tempatku kuliah. Di rumah cuma membuka dan menutup bulan puasa. Itupun gak sampe 2 minggu. Apalagi tahun kemarin, aku yang ikut ngospek, cuma satu minggu menghabiskan ramadhan bersama keluargaku tercinta. Aku tak pernah membayangkan bagaimana perasaan ibu ketika aku tak di rumah. Karena aku lebih banyak terhibur di tempat perantauan. Ya Allah, aku begitu jahatnya terhadap ibuku sendiri. Maaf bunda... :(
     Mendengar permintaan ibuku itu, bener2 buat aku nangis. Aku baru sadar, berarti selama ini aku kurang "ngeh" dan peduli sama ibuku satu-satunya. Aku tahu, ibu pasti shock dan kaget pasca ditinggal oleh ayahku untuk selamanya. Apalagi ayahku meninggal satu bulan sebelum ramadhan tahun 2010. Trus waktu itu, aku jadi mahasiswa baru di sebuah universitas. Otomatis di rumah cuma ada mama sama adikku. Sedangkan pakdeku tidak setiap hari nemenin mamaku.
     Tahun ini bener2 kesempatanku untuk bisa menghabiskan ramadhan satu bulan full di rumah. Karna pas libur semester dan masuk kuliah H+7 idul fitri. Aku bener2 pengen di rumah, nemenin mama. Apalagi mama saat ini sering2 sakit karena disibukkan untuk membantu mengajar di PAUD tempatku. Aku harus disamping beliau untuk membantu dan merawatnya. 
      Tapi, di saat ibuku meminta itu, ada kegiatan di Solo, tempatku kuliah. Beberapa urusan terkait mahasiswa baru. Padahal aku sudah minta ijin sama temen2 untuk gak bisa ikut ngospek. Tapiiii....
      Aku bener2 galau. Aku bener2 pengen ngabisin bulan ramadhan sama ibu..!!!! =___=
     Apalagi saat ini, aku sudah kepikiran untuk pulang melihat keadaan ibuku yang sedang sakit. Tapi urusan disini belum kelar. Ya rapat lah, ya undangan lah...
      Kapan kelarnya???
      huhuw =____=
     Maafkan aku ya, Ibuku sayang.....

Tidak ada komentar:


Followers

Follow Me on Twitter

pengunjung

free counters
 

Catatan Penaku | Copyright © 2011
Designed by Rinda's Templates | Picture by Wanpagu
Template by Blogger Platform