Kamis, 30 Mei 2013

Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini

      Multiple intelligence adalah sebuah penilaian yang melihat secara deskriptif bagaimana individu menggunakan kecerdasannya untuk memecahkan masalah dan menghasilkan sesuatu. Gardner mengemukakan devinisi kecerdasan yang berbeda untuk mengukur cakupan yang lebih luas tentang potensi manusia. Gardner membaginya ke dalam delapan kecerdasan yaitu :

1.    Kecerdasan linguistik
Kecerdasan linguistic adalah kecerdasan dalam mengolah kata, atau kemampuan menggunakan kata secara efektif, baik lisan maupun tertulis. Orang yang cerdas dalam bidang ini, dapat berargumentasi, meyakinkan orang lain, menghibur, atau mengajar dengan efektif lewat kata-kata yang diucapkannya.
Tujuan mengembangkan kecerdasan linguistik :
a.       Agar anak mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan
b.      Memiliki kemampuan bahasa untuk meyakinkan orang lain
c.       Mampu mengingat dan menghafal informasi
d.      Mampu memberikan penjelasan
e.       Mampu untuk membahas bahas aitu sendiri.
Kiat- kiat untuk mengembangkan kecerdasan linguistik pada anak usia dini :
a.       Mengajak anak berbicara
b.      Membacakan cerita
c.       Bermain huruf
d.      Merangkai cerita
e.       Berdiskusi
f.       Bermain peran
g.      Memperdengarkan lagu anak-anak
Contoh orang yang memiliki kecerdasan linguistik adalah penulis,wartawan, penerjemah, dll.

2.         Kecerdasan logika matematika
Kecerdasan logika matematika adalah kecerdasan dalam mengolah angka serta kemahiran menggunakan logika atau akal sehat. Kecerdasan logika matematika pada dasarnya melibatkan kemampuan-kemampuan menganalisis masalah secara logis, menemukan atau menciptakan rumus-rumus, pola matematika dan menyelidiki sesuatu secara ilmiah.
Cara mengembangkan kecerdasan logika matematika  pada anak :
a.       Menyelesaikan puzzle
b.      Mengenal bentuk geometri
c.       Mengenalkan bilangan melalui sajak berirama dan lagu
d.      Eksplorasi pikiran melalui diskusi dan olah pikir ringan
e.       Pengenalan pola
f.       Eksperimen di alam
g.      Memperkaya pengalamn berinteraksi dengan konsep matematika
h.      Permainan penuh strategi dan eksperimen

3.    Kecerdasan kinestetik
Kecedasan kinestetik adalah kecerdasan dimana saat menggunakannya kita mampu melakukan gerakan-gerakan yang bagus, berlari, menari, membangun sesuatu, semua seni dan hasta karya.
Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk menstimulasi kecerdasan fisik pada anak :
a.       Menari
b.      Bermain peran
c.       Drama
d.      Latihan fisik
e.       Pantomim
f.       Berbagai olahraga

4.    Kecerdasan spasial
Kecerdasan spasial merupakan kemampuan untuk memvisualisasikan gambar di dalam pikiran seseorang atau untuk anak dimana dia berpikir dalam bentuk visualisasi dan gambar untuk memecahkan suatu masalah atau menemukan jawaban.
Cara mengembangkan kecerdasan spasial pada anak :
a.       Menggambar dan melukis
b.      Mencoret-coret
c.       Menyanyi, mengenal dan membayangkan suatu konsep
d.      Membuat prakarya
e.       Mengunjungi berbagai tempat
f.       Melakukan permainan konstruktif dan kreatif
g.      Mengatur dan merancang

5.    Kecerdasan intrapersonal
Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan kita untuk berpikir secara reflektif yaitu mengacu kepada kesadaran reflektif mengenai perasaan dan proses pemikiran diri sendiri.
Cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kecerdasan intrapersonal pada anak:
a.       Di sekolah :
1.      Menciptakan citra diri positif
2.      Menciptakan suasana sekolah yang mendukung pengembangan kemampuan intrapersonal dan penghargaan diri anak
b.      Di rumah :
1.      Menuangkan isi hati dalam jurnal pribadi
2.      Bercakap-cakap memperbincangkan kelemahan, kelebihan dan minat si kecil.
3.      Memberikan kesempatan menggambar diri sendiri dari sudut pandang anak.
4.      Membayangkan diri di masa yang akan datang
5.      Mengajak berimajinasi, menjadi tokoh sebuah cerita.

6.    Kecerdasan interpersonal
Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan berfikir lewat berkomunikasi dengan orang lain, ini mengacu kepada keterampilan manusia, dapat dengan mudah membaca, berkomunikasi, dan berinteraksi dengan orang lain.
Cara mengembangakan kecerdasan interpersonal :
a.       Mengembangkan dukungan kelompok
b.      Menetapkan aturan tingkah laku
c.       Memberi kesempatan bertanggung jawab di rumah
d.      Bersama-sama menyelesaikan konflik
e.       Melakukan kegiatan sosial di lingkungan
f.       Menghargai perbedaan pendapat antara si kecil dengan teman sebaya.
g.      Menumbuhkan sikap ramah dan memahami keragaman budaya lingkungan sosial.
h.      Melatih kesabaran menunggu giliran berbicara dan mendebgarkan pembicaraan orang lain terlebih dahulu.

7.    Kecerdasan musical
Kecerdasan musical adalah kemampuan menangani bentuk-bentuk musical, dengan cara memersepsi (penikmat musik), membedakan (kritikus music), mengubah (composer), mengekspresikan (penyanyi).
Cara mengembangkan kecerdasan musical :
a.    Beri kesempatan pada anak didik untuk melihat kemampuan yang ada pada diri mereka, buat mereka lebih percaya diri.
b.    Berikan stimulus-stimulus ringan untuk mereka agar lebih termotivasi, seperti menceritakan kondisi akhir kecerdasan, yakni orang-orang yang telah mengembangkan kecerdasan mereka sampai pada tingkat kecakapan tertinggi, ini akan menjadi teladan dan inspirasi bagi mereka.
c.    Pengalamna empiris yang praktis, buatlah penghargaan terhadap karya-karya yang dihasilkan anak
Strategi pengajaran untuk kecerdasan musical :
a.    Irama, lagu, rap, dan senandung
b.    Diskografi
c.    Music super memori
d.   Konsep musical
e.    Music suasana

8.    Kecerdasan naturalis
Kecerdasan naturalis adalah keahlian mengenali dan mengategorikan spesies (flora dan fauna) di lingkungan sekitar, mengenali eksistensi suatu spesies, memetakan hubungan antara beberapa spesies.
Cara mengembangkan kecerdasan naturalis :
a.    Beri kesempatan pada anak didik untuk mengetahui kemampuan yang ada pada dirinya
b.    Ceritakan kondisi akhir sebagai keteladanan dan inspirasi bagi mereka, misalnya ahli-ahli binatang dan para peneliti alam
c.    Buatlah kegiatan-kegiatan khusus yang dpat dimasukkan ke dalam kecerdasan naturalis misalnya karya wisata ke kebun binatang.
Strategi pembelajaran :
a.    Jalan-jalan di alam terbuka, berdiskusilah mengenai apa yang terjadi dalam lingkungan sekitar.
b.    Melihat keluar jendela
c.    Tanaman sebagai dekorasi, gunakan tanaman sebagai metamorfora untuk ilustrasi konsep setiap pelajaran.
d.   Membawa hewan peliharaan ke kelas, siswa diberi tugas mencatat perilaku hewan tersebut.
e.    Ekostudi

9.    Kecerdasan Eksestensial
Gardner mengemukakan kemungkinan adanya kecerdasan ke sembilan yaitu kecerdasan eksistensial yakni kemampuan menempatkan diri dalam hubungan dengan jangkauan kosmos terjauh, yang tidak terhingga besarnya dan kecilnya dan kemampuan lain yang terkait cara menempatkan diri dalam hubungan dengan berbagai aspek eksistensial manusia, misalnya makna hidup.
Cara mengembangkan kecerdasan eksistensial anak :
a.    Memasukkan kandungan materi ke dalam kurikulum
b.    Dampingi siswa dalam menekuni cara-cara para ilmuan, seniman, dan sebagainya menggabungkan masalah eksistensial ke dalam karya mereka.

Tidak ada komentar:


Followers

Follow Me on Twitter

pengunjung

free counters
 

Catatan Penaku | Copyright © 2011
Designed by Rinda's Templates | Picture by Wanpagu
Template by Blogger Platform